Agenda Kegiatan

WORKSHOP #JagaPrivasimu

Pada pidato kenegaraan 16 Agustus 2019, Presiden Jokowi sudah menegaskan pentingnya menjaga data pribadi lho. “Tidak ada kompromi!” tegas beliau. Maka mari saat ini juga kita mulai dari diri sendiri dengan memahami dan menyampaikan kepada orang terdekat tentang pentingnya privasi dan perlindungan data pribadi.

Salah satu caranya, pada Selasa 20 Agustus 2019 jam 13.00 s/d 15.00 WIB di Jakarta, yuk ikutan Workshop #JagaPrivasimu dengan langsung daftar saja di http://s.id/workshopjagaprivasimu (khusus bagi yang benar-benar bisa hadir yaa…)

Narsumnya kompeten, tidak dikenakan biaya, namun tempat sangat terbatas! Ada pilihan kelas bagi ortu/guru dan kelas bagi pemuda (pelajar/mahasiswa). Oh ya, silakan hadir pula pada pagi hari pukul 09.00 di tempat yang sama (bagi yg berminat dan berkesempatan) karena bakal ada acara keren: “Peluncuran Karya Jawara Kompetisi Komik #JagaPrivasimu !”



ARSIP KEGIATAN SEBELUMNYA



DISKUSI PUBLIK dan NOBAR: PERLINDUNGAN DATA PRIBADI (sudah berlalu)

Mohon maaf, acara sudah berlalu. Namun Anda tetap bisa menikmati rekaman diskusi ini melalui kanal Youtube kami.

Pengantar Diskusi
Hak privasi dan perlindungan data pribadi secara implisit terkandung di dalam Pasal 28G ayat (1) UUD NRI 1945. Rumusan tersebut juga memiliki nuansa perlindungan setara Article 12 UDHR yang diadopsi oleh Article 17 ICCPR, dengan secara eksplisit memberikan jaminan atas privasi dan perlindungan data pribadi sebagai HAM yang harus dipenuhi oleh negara. Namun demikian, setidaknya hingga penghujung Juli 2019, naskah RUU Perlindungan Data Pribadi tak kunjung diserahkan ke DPR, walaupun sudah masuk dalam daftar Prolegnas Prioritas 2019. Mengingat masa kerja DPR periode 2014 – 2019 akan usai pada 30 September 2019, maka hanya tersedia waktu dua (2) bulan untuk pembahasan RUU tersebut. Pun keresahan semakin menguat di masyarakat lantaran sejumlah praktek pelanggaran privasi dan penyalahgunaan data pribadi bagai semakin tak terkendali. Pengumpulan, penyimpanan maupun penggunaan data pribadi kerap tanpa sepertsetujuan masyarakat sebagai pemilik data, hingga mengabaikan hal pokok perlindungan data pribadi.

Untuk itulah maka ICT Watch dan SAFEnet bekerjasama dengan ICSF, ID-IGF, Youth ID-IGF dan Perpustakaan Kemdikbud menyelenggarakan diskusi publik, media update dan nobar sebagai berikut ini:

Acara
Hari, Tanggal, Tempat: Kamis, 1 Agustus 2019, Perpustakaan Kemdikbud, Senayan – Jakarta

Agenda
– 13.00 s/d 14.30 : Diskusi Publik dan Media Update (narsum: Kristiono Ketua Umum MASTEL, Ardi Sutedja Chairman ICSF, Bhredipta Socarana Koordinator Youth ID-IGF, Damar Juniarto Koordinator SAFEnet, Indriyatno Banyumurti Program Coordinator ICT Watch)
– 14.30 s/d 16.30 : Nobar The Great Hack
– 16.30 s/d 17.00 : Kesimpulan dan Penutup

Data pribadi yang dikumpulkan melalui formulir online ini hanya akan digunakan untuk keperluan administrasi dan registrasi terkait acara ini. Kami tidak akan menggunakan dan/atau memindahkan data pribadi tersebut di luar dari urusan yang terkait dengan acara ini. Kursi sangat terbatas, first come first serve. Jika Anda tidak yakin akan dapat hadir mengikuti acara, mohon tidak melakukan registrasi untuk memberikan kesempatan kepada yang lain.

Bagi Anda yang berhak mendapatkan alokasi kursi, kami akan kirimkan e-mail konfirmasi satu (1) hari menjelang pelaksanaan acara. Jika ternyata Anda mendadak tidak bisa hadir, mohon segera mengirimkan email pembatalan via info@ictwatch.id. Terimakasih.